Saturday 28 April 2018

Alasan.


alasan/alas·an/ n 1 dasar; asas; hakikat: rasa kebangsaan adalah ~ yang kuat untuk menegakkan negara; 2 dasar bukti (keterangan) yang dipakai untuk menguatkan pendapat (sangkalan, perkiraan, dan sebagainya): tidak ada ~ yang kuat untuk menolak usul itu; 3 yang menjadi pendorong (untuk berbuat): apa ~ nya sehingga dia berbuat demikian; 4 yang membenarkan perlakuan tindak pidana dan menghilangkan kesalahan terdakwa;

*****

Seberapa jauh kamu bisa membenci seseorang?
 
Adalah lagu “You are the Reason”-nya Calum Scott yang menggema-gema begitu dalam masuk lubang telinga, dan meresap kebawah, lama kelamaan mengendap didalam hati. Menyebalkan rasanya mendengar lagu-lagu sendu seperti itu ditengah mendung yang tidak mereda ini. Ketika jatuh cinta padanya “dulu” aku tak pernah sibuk mencari alasan atas dasar apa aku mencintainya. Hanya menyenangkan saat bersamanya dan rasa-rasanya hanya itu yang aku butuhkan, aku tak perlu menjelaskan kenapa harus dia. Lalu seperti calum, cukup menjadikan diri dia sendiri menjadi alasan. Sesederhana itu.

Dan cerita-cerita setelahnya tak berjalan sederhana, merelakan itu menjadi momok yang menakutkan untuk diriku sendiri. Pada akhirnya harus aku lalui juga semua yang tak pernah ingin aku lalui. Aku tak perah menyangka rumit yang begitu rumit harus aku jalani hari demi hari, meyakinkan hati yang tak bisa lagi percaya. Meyakinkan hati yang tidak lagi punya keinginan dan semuanya menyesakkan dada.

Aku menyerah? Hanya itu yang dapat aku lakukan hari ini, dan menjalani hari-hari penuh kekalahan untuk belajar lagi bangkit dan mengobati rasa sakit. Hidup tak pernah berhenti ketika ia berbahagia, dan aku juga percaya dia juga takkan berhenti lama dalam kesedihan ini.

Aku tidak sedang belajar membenci, karena aku sendiri juga tidak tau sejauh mana batas kebencian itu sendiri, mengobati luka bukan berarti melupakan, belajar melupakan bukan berarti akan membenci, begitu juga dengan meninggalkan. Ketika aku sudah mengambil langkah pertama, aku juga tidak begitu tau, apa yang sebenarnya aku tinggalkan jauh dibelakang? Aku hanya melangkah untuk maju dan untuk menemukan bukan melangkah untuk membenci atau meninggalkan.

Sederhananya, ketika sesuatu sudah berakhir. Aku hanya perlu untuk memulai lagi semuanya dari awal. Lalu alasan? Alasan bisa berarti pondasi untuk aku bisa berdiri lagi lebih kokoh.

Sourch: Dokumentasi Pribadi


No comments:

Post a Comment