Sunday, 8 April 2012

Hujan


Aku sebenar-benar tidak tau, dari perihal apa aku harus memulai menerangkan hal ini, “hujan” sebuah kata aneh dengan energi magis yang sedikit membuat kita merasa aneh, dalam ilmu pengetahuan, hujan hanyalah suatu proses alam yang sangat biasa terjadi, air menguap dan membentuk gumpalan dilangit, lalu dijatuhkan lagi kebumi, sederhananya seperti itu, pelajaran IPA kelas 4 SD, Sangat logika, bahkan sepasti hitungan mekanika sigma M sama dengan nol.

Dan aku ingin mengungkap hujan dari sisi magis yang selama ini mungkin terlewati begitu saja olehku, tentu saja ini hanyalah teori konyol yang kufikirkan dan kubuat seenaknya sendiri, tapi aku berbicara masalah fakta, dan dari beberapa artikel yang aku pelajari sendiri tentang hujan yang semakin lebat semakin membuat aku penasaran, ada arti lain dalam hujan yang ingin disampaikan oleh sang khalik, hujan itu sederhana, tapi tak sesederhana itu rahasia yang disembunyikan Allah dibalik sederhananya hujan.

Aku sendiri tak begitu mengerti tentang apa yang aku ucapkan kata demi kata ini, yang terpasti dibenakku saat ini hanyalah, mengungkapkan bagaimana kagumnya aku pada hujan.
Mungkin semuanya pernah dibuat kesal oleh hujan, saat dalam perjalanan jauh, ditengah jalan terjebak hujan, karena memakai sepeda motor, jadilah terperangkap dari butiran air yang jatuh dengan maha dahsyat itu. Seminimalnya pernah berucap “yah.. Hujan..”.
Aku tak menyalahkan itu, itu hal lumrah dan bukan itu yang akan aku bahas disini,

Bukan tak bermaksud, Allah memerintah salah satu malaikatnya untuk bertugas menurunkan hujan dari langit, malaikat mikail mengemban tugas itu, dalam artian lain, malaikat mikail bertugas membagikan rezeki pada setiap umat manusia, siapapun itu, dalam hal ini jelas dan sangat jelas, hujan merupakan berkah yang sangat luar biasa, buktinya kenapa ada malaikat yang bertugas khusus menurunkan hujan, jika ada perihal lain yang lebih penting, kenapa malaikat mikail tak diberi tugas penting itu, ternyata hujan memang tak sesepele apa yang aku kira selama ini,



Pernah suatu sore, ketika aku masih SD, dapat tugas dari sekolah membuat suatu prakarya, merajut tali menjadi sebuah gantungan pot bunga, yang bisa untuk dijadikan hiasan didepan rumah, akupun menyelesaikannya dengan nilai yang lumayan bagus, kamipun murid-murid yang hasil prakaryanya sudah dinilai, hasil prakarya itu boleh dibawa pulang, dengan senang hati aku memberikannya pada ibu, berharap ibu mau menggantung satu pot kecil bunga yang aku tanam sendiri, harus aku akui, aku punya  beberapa tanaman bunga diwaktu kecil meski terkadang aku males merawatnya, jadilah satu pot bunga kupu-kupu, begitu aku menyebut bunga itu, memang kebanyakan orang indonesia menyebutnya bunga kupu-kupu ungu, tapi terakhir yang aku tau nama ilmiahnya adalah Oxalis triangularis, lantas apa hubungannya dengan hujan? Bunga itu sangatlah mudah tumbuh, apalagi dinegeri subur diindonesia, saat itu badanku masih pendek, aku memang kasihan melihat bunga itu sudah layu, tergantung dalam pot yang tanahnya sudah kering, apa yang dapat aku lakukan?, dan beruntung sorenya mendung, tak lama hujan, bias hujan yang kencengnya minta ampun  masuk keberanda rumah deket dari Oxalis triangularis itu tergantung, hanya butuh waktu 5 menit, entah kenapa bunga itu segar kembali, aku hanya merasa bahagia bunga itu tak jadi mati, tapi aku tak pernah memikirkan betapa ajaibnya hujan, bagaimanapun hujanlah yang memberi nafas kehidupan untuk tumbuhan, bahkan dinegeri khatulistiwa sekalipun yang katanya melimpah ruah akan air, toh buktinya, semuanya butuh hujan, seperti itulah pentingnya hujan dalam kelangsungan makhluk hidup dibumi.

Keluar dari masalah tumbuhan, mungkin semua orang pernah merasa, sakit hati dan ingin menangis, tapi tak ingin orang lain tau kalau kita ingin menangis, tapi percayalah, hujan punya jawaban atas masalah itu, ketika ingin menangis hujan mempersilahkan kita yang sedih untuk berkamuflase dengannya, sehingga air mata yang jatuh terurai, tak begitu kelihatan, hujan mau menjadi penutup segala sedih dan keluh kesahmu, dan ketika sedang menangis ditengah hujan itu, rasakanlah suasananya, entah alam apa yang dibawa hujan, tapi akan terasa sangat nyaman, tetap berdiri mendengar rintiknya yang jatuh keseluruh tubuh, itu sangatlah sendu dan bisa membuat kita berfikir panjang atas permasalahan yang dihadapi, (meskipun aku belum pernah mencobanya sekalipun hehehe)

Berikutnya, peragakan hal yang biasa dilakukan oleh aktor terkenal, ketika duduk sendiri didalam bis, suasana diluar sangat gelap, ada tetesan-tetesan air hujan yang menempel dikaca bis, peganglah embunnya yang merembes masuk kedalam, atau mungkin tuliskan nama kita, dan ingatlah sesuatu, hujan mengingatkan kita akan betapa sempurnanya hidup kita, bayangkan saja film apa yang paling sempurna yang pernah kita tonton, dan percayalah, kisah hidup kita lebih sempurna dari kisah film itu, dan sangat jelas, hidup kita bukanlah sebuah fiktif, tapi ada sebuah roda waktu yang memang kita jalani dengan sangat nyata, perasaan itu akan ada, jika hujan turun, dan itu adalah salah satu sisi magisnya. Dia bisa membuat perasaan yang lain dalam hati.

Selanjutnya, ketika kita sedang sendiri dirumah, berada persis didepan jendela kaca kamar, mungkin akan terasa sangat sunyi ketika awan gelap mulai menutup perkasanya langit nan terbiasa biru, tapi ketika rintik hujan mulai menghentak bumi satu persatu, mendekatlah kekaca, nikmati butiran demi butirannya yang mulai turun, semakin dekatlah kekaca ketika hujannya semakin lebat, rasakan dinginnya yang mulai menyapa, dengarlah nada gemericiknya yang magis, itu lebih merdu dari lagu jason mraz yang manapun, lebih romantis dibanding denting pianonya yiruma yang River flows in you sekalipun dan nada-nada hujan itu ialah, hasil karya seni tuhan, seni yang sama sekali tak mungkin ada yang dapat menandinginya, seni yang paling indah, maha indah.
ketika dalam suasana seperti itu, dapat dipastikan, dada kita akan sesak akan rasa rindu yang tak tertahankan, rindu yang tak ada penawarnya, bahkan kita akan bingung kepada siapa rindu ini tertuju, rasa rindu itu akan semakin membesar tanpa tau alamat rindu yang dituju, rasakan sajalah, hujan memang sesuatu hal yang aneh jika terus diperhatikan, hujan mampu merubah perasaan, hujan bisa membuat rasa rindu, dan hujan bisa membawa alam yang terkadang kita sendiri tak tau, alam jenis apa ini?

Hal yang membuat hujan berbeda ialah, ketika ia jatuh kebumi dan menempel dirumput-rumput manapun yang tumbuh, akan menghasilkan senyawa Petrichor, dimana senyawa itu akan menghasilkan aroma khas yang akan tercium ketika hujan reda, hanya hujan yang bisa menciptakan aroma semacam itu.

Mungkin lebih banyak lagi, faktor-faktor yang membuat aku semakin penasaran dan semakin mencintai hujan, aku menganggapnya, hujan itu sebuah kesederhanaan, tidak angkuh, tak pandang siapa, dia hanya menjatuhkan diri, agar semua tetap berjalan apa adanya, agar semua bisa terus melangsungkan hidupnya, tapi tetap, tak ingin diartikan sesederhana dirinya, dibalik dirinya yang sederhana tetaplah, banyak hal rumit yang membuat aku semakin bingung akan hujan, hujan juga ialah hukum alam sederhana yang punya arti multi, sulit dimengerti, tetapi tetap tak angkuh, ahhhh!!! Makin ngawur nih postingan, udah deh, sampai sini dulu pembahasan tentang hujannya, makin ngga jelas!!!!

21 comments:

  1. aku juga sukkaa bangett sama hujan, salam kenal yaaa, ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pecinta hujan..

      salam kenal kembali..
      :)

      Delete
    2. ANe juga suka nih ama hujan, apalagi hujan lebat dan berwarna hijau? :) (HUTAN) CKCKCKCKCK

      Delete
    3. hehehehehe

      kirain mbah mbah yang jaga gunung ituu..
      mbah mahujan

      -_- #jaoh banget!!!!

      Delete
  2. hujan begitu menginspirasi,, yang hanya dengan memandangnya saja dan menikmati setiap rintik dan rinainya, mampu sejukkan hati. namun hujan juga yang selalu meliarkan imaji. hujan di bulan november sering hadirkan pilu nan sendu, hujan di bulan januari menyimpan semangat tersendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada apakah dibulan januari dan november? :)

      Delete
    2. ada-ada ;)
      beda pokoknya dengan hujan di bulan lain :)

      Delete
    3. Ok

      mari kita tunggu november..
      :)

      Delete
  3. Hoho.. ane juga suka banget suasana ujan.. makin deras makin dahsyat makin seneng deh.. cuma anehnya, justru paling benci suasana abis ujan.. mungkin karena banyak genangan di mana2.. bwecex, meski gak naik ojyex.. wkwkwkwk!

    Salam kenal, Bro..

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh salam kenal balik bro..

      berarti ente beda tipis ama cinlau,,, hahahahaha

      Delete
    2. wihh... ngikut juga ke sini, kang? :D
      emang paling ngga bisa kalo dipancing ama hujan ;)
      *siap2 nyari postingan hujan lain XD

      Delete
    3. siape kan? ane??
      ane mimin disini hehehehe....

      yukkk cari dimana yang lagi hujan,,,

      hehehehehe

      Delete
    4. Bukaan, itu kang Muxlimo, beliau ke sini karena kuajak lho :D
      Soalnya sama2 pencinta hujan.

      ayoooo

      Delete
    5. ohhh...
      hehehehe

      sekalian aja bikin komunitas pecinta hujan yuk mbak

      hahahahahaha

      Delete
  4. aku juga suka hujan
    tapi lebih tepatnya gerimis
    karna gerimis mempunyai kenangan tersendiri bagi ku

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe

      semua orang punya hubungan tersendiri dengan hujan..

      :D

      Delete
  5. Waaah, yang komentar suka hujan semua nih rata-rata? :D
    Aku jugaaaaaaaaa <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa pecinta hujan semua *LOVE RAIN*

      Delete
  6. aku juga suka hujan.. selalu ada perasaan aneh saat hujan.. entah apa itu. tapi aku selalu bahagia saat turun hujan..

    salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yapp... semua juga bilang begitu...

      salam kenal kembali....

      Delete