Sunday 15 June 2014

Komitmen

Saya tau, kadang rasanya waktu 3 tahun itu ngga kerasa tiba-tiba saja berlalu. Umur saya masih 22 tahun 2014 ini, saya memang sudah masuk dunia kerja sejak umur 18 tahun. Saya tidak pernah merasa terperangkap dalam dunia dan pola kerja seperti ini. Saya masih sangat ingat terakhir kali saya menjalin hubungan dengan seorang wanita mengatas namakan pacaran 3 tahun yang lalu. Terakhir saya putus dengan pacar 2011 dan sampai saat ini ngga pernah pacaran lagi.

Saya tidak marah dengan rekan kerja saya, hanya saja perlakuan rekan-rekan kerja saya membuat saya semakin RISAU, saya juga tau ini bakalan menjadi bahan yang selalu lucu untuk mereka yang sudah punya keluarga. Dalam kondisi apapun saya jarang merasa tersinggung dengan segala macam lelucon meski saya yang harus menjadi objek lelucon tersebut.

Apa yang dapat saya lakukan? Saya sudah kerja, umur saya masih 22 tahun, saya tahu saya masih punya waktu beberapa tahun lagi tapi perlakuan rekan-rekan tersebut membuat saya samakin risau. Terakhir karena kelamaan ngga pacaran, ada teman yang entah bercanda atau serius. Dia menanyakan orientasi seks saya. Sungguh saya merasa hina kepada diri saya sendiri.

Beberapa minggu yang lalu, disuatu sore didepan TV ruangan belakang kantor. Saya, Rendy, bang Ari, Bang Ar, mas Luthfi dan bang Jufri. Lagi asik-asiknya mantengin TV ngeliat berita paling hangat di Indonesa akhir-akhir ini. Apa lagi kalau bukan tentang siapa yang bakalan jadi pemimpin negeri ini 5 tahun kedepan.

Bang Jufri yang baru saja balik dari dapur abis ngambil minum tiba-tiba nyeletuk, dengan kata-kata yang telah ia ulang beberapa hari yang lalu yang beralamat kepada saya. “Kapan merid pi?” helloooooo!! Kenapa saya yang harus menjadi sasaran empuk pertanyaan itu hari ini? Awalnya memang saya tidak terganggu dengan hal ini, akan terasa sangat berlebihan di umur saya yang masih segini, saya harus ribut kesana kemari tentang nikah! Lalu pandangan mata semua orang tertuju kepada saya. Apa lagi bang Ar yang tingkat sentimentil nya sangat tinggi kepada saya.

Perlu saya jelaskan jika ada lelaki rame lagi ngumpul. Topik yang dibahas ngga bakalan jauh dari politik, wanita dan selangkangan! Oke yang terakhir mungkin rada berlebihan. Tapi itulah yang saya lihat dari ejekan semua orang ini. Bukan menyuruh saya menikah lebih cepat dan merasakan hikmah dari sebuah pernikahan tersebut. Mereka memang menyebut nikmat menikah, tapi bisa saya sadari nikmat yang mereka maksud dalam tanda kutip. Bullshit jika ada sekumpulan cowok berkumpul lebih dari 4 orang dan omongan mereka omongan yang serius. Semua hanya guyon dan lelucon. Lalu tertawa, menertawakan orang lain dan menertawakan diri masing-masing.

Sebagai seorang laki-laki bisa saya pahami itu, bisa saya nikmati itu. Lelaki hanya bisa jujur pada lelaki lain, ketika mereka sedang ngobrol empat mata. Tentang pengalaman, sakit dan mungkin saya sedikit geli mengatakannya, seorang lelaki dengan lelaki lain, bisa curhat urusan cinta jika mereka memang hanya sedang berdua.

Saya tau, tentang guyon sore menghilangkan stress kerja itu, saya tau. Bahkan saya mengulang kembali apa yang mereka ejek ke saya kepada orang lain. Tujuan saya simple, saya senang bisa melihat orang tertawa oleh kata-kata saya, ya walau kadang saya ngga sadar bisa membuat orang-orang sakit hati. Saya terkesan sakit hati, lalu menceritakan lagi pada orang lain, dan orang lain tertawa seperti saya tidak punya rasa malu. Tapi semua saya lakukan, agar orang-orang bisa selalu dekat dengan saya.

Tapi dibalik itu semua, meski umur saya masih 22 tahun. Saya sebenarnya punya kerisauan tersendiri tentang hal ini. Bukan karena ejekan itu, sama sekali bukan. Mungkin ejekan-ejekan semacam itu yang membuat tingkat kerisauan saya semakin tinggi. Dirumah saya pun sama, saya sudah sering bilang rumah saya adalah tempat paling demokratis didunia, bahkan sampai urusan jodoh pun semua diserahkan kepada pemilik badan, kemana mereka akan berlabuh.

Kakak saya yang paling gede sudah menikah 6 tahun yang lalu. Beberapa tahun kemudian Uni nyusul, dan saya adalah anak selanjutnya yang akan ditanyakan, mungkin sekarang Ayah masih bertanya “Pi? Calon Napi mana?” itu hari ini, ngga tau mungkin beberapa tahun ke depan intonasi, nada bicara dan pertanyaannya barangkali berubah, menjadi pertanyaan yang semakin menyeramkan.

Apakah saya takut? Sudah saya bilang, saya punya kerisauan tersendiri tentang hal ini, sampai hari ini saya masih belum menemukan orang yang benar-benar membuat saya jatuh cinta. Atau saya tidak menemukan orang yang cinta dengan saya. Tidak setiap hari juga saya memikirkan hal ini. Hanya karena rekan-rekan yang sudah menikah bahkan teman seangkatan saya sudah berbondong-bondong menikah, hal ini yang mendorong saya untuk menulis tentang kerisauan hati saya. Cara yang tepat membuat saya sedikit tenang.

Pasti banyak yang ngomong, “halah! Pake dipikirin lagi, udah deh kita masih muda keleus! Santai men kayak dipantai, enjoy. Nikmatin masa muda dulu” and for your information saya sangat menikmati masa muda saya, rasanya diumur saya yang segini. Saya sudah melakukan banyak hal dengan seneng-seneng dengan batasan-batasan yang saya buat dan berusaha untuk tidak saya langgar, saya juga bukan tipikal orang yang terlalu gampang terpengaruh, hanya saja jika saya seneng. Ya saya lakukan. Dan saya punya cukup banyak teman dengan hobi yang berbeda-beda sehingga saya bisa menikmati semua yang ingin saya coba.

Dikantor saya punya teman perempuan, sebut saja namanya Gadis, karena sehari-hari dia memang dipanggil begitu, temen perempuan saya yang paling ganteng. Dia lebih tua dari saya sekitar 4 tahunan, tapi entah kenapa saya sering banget kurang ajar ke dia. Maap yah idis becanda!. Gadis sendiri belum menikah dan hari ini dia masih single dan berniat nyari laki. Kalo dibilang akrab, saya cukup akrab dengan dia. Ada lagi temen saya namanya Mery, seperti nama uni saya memang. Mery juga seumuran Gadis. Yang berarti juga beda umur 4 tahum dengan saya, entah dari mana ceritanya saya menjadi begitu akrab dengan Mery, saya kenal Mery karena saya satu angkatan kuliah khusus sabtu minggu dengan dia.

Dan saya juga tidak tau bagaimana ceritanya, entah kenapa saya sering banget ngenalin satu temen ke temen lain, contohnya teman kuliah saya kenalin ke teman kerja, atau teman kerja saya kenalin ke teman kuliah, hmmm oke! Lupakan. Teman smp saya kenalin ke teman Kantor maupun teman kuliah, akhirnya temen dari temen-temen saya bertambah. Dan teman saya jadinya itu-ituuu aja. Kasihan sekali memang.

Dan entah gimana lagi ceritanya, beberapa bulan belakangan ini Gadis dan Mery jadi begitu sangat dekat. Saya ngga cemburu, BUKAN! Saya cuma heran. Entah kenapa wanita bisa menjalin hubungan begitu dekat dengan sangat mudah ketimbang laki-laki, saya perhatikan belakangan ini pulang dari kantor biasanya Gadis bakalan kepasar sore-sore hanya untuk melihat keramaian lalu pulang kerumah, tiba-tiba setelah dekat dengan Mery sekarang setiap jam pulang kantor Gadis mainnya ke Kosan Mery mulu, bahkan kadang-kadang sore-sore Mery udah nyampe kantor aja jemput Gadis.

Makin hari makin aneh, mereka saling pasang foto berdua di display picture BBM masing-masing. Saling panggil cinta satu sama lain. Saya curiga karena sering dikhianati laki-laki sekarang Gadis berpaling sambil berucap “SEMUA LELAKI SAMA AJA!! GADIS BENCI!!” *lari kekasur lalu nangis bombay*

Oke! Saya bisa menepis alasan itu dengan satu alasan yang lebih logis lagi, faktor Usia dan sebuah faktor eheeemmm, ngga usah disebut wanita suka sensitif dengan bagian yang satu ini. Faktor yang membuat mereka menjadi amat begitu dekat. Sampai akhirnya disuatu malam dirumah, Ayah, Ibu, Saya, Uni Mery kakak saya yang waktu itu kebetulan pulang dan ninggalin lakinya di Jakarta sendirian dan ada Ika juga. Ibu lagi lihat-lihat foto saya di handphone, foto saya dan manusia-manusia single lainnya itu sedang menikmati apa yang tadi orang-orang bilang dengan nikmatin masa muda. Waktu itu Saya, bang Ade, Defri, Andre, Gadis, dan Mery sedang menjelajah ketiga pulau yang ada di Pariaman sumpah keren banget Pulaunya. Oh ya lupa, nanti Andre marah, dari nama-nama manusia single yang saya sebut tadi Andre yang punya pacar, nama pacarnya Jensen. Olivia Jensen maksudnya, cewek kok.

Ditengah asiknya becanda keluarga malam itu, saya ingat satu hal, Ibu adalah mak comblang nomor 1 dan paling terkenal di katimaha! KATIMAHA? Apa itu? Oke ngga usah dicari di gugel ngga bakalan ketemu, digugel map juga ngga ada, kampung saya emang pelosok! PUAS!!!!

Oh ya Bu, Ini namanya Gadis 24 Tahun Single dan sekarang lagi nyari suami. Dan ini Mery 24 Tahun Single SAMA! Nyari laki juga, awalnya Gadis mau dijodohin Ibu sama temennya suami Uni, yang ternyata eh ternyata temen bang Ar juga, saya begitu sadar kenapa dunia sesempit ini, ketemunya orang-orang yang itu lagi itu lagi. Lagi negributin masalah jodoh orang-orang itu. Tiba-tiba Ayah yang sedari tadi diam nyeletuk! “Nyariin jodoh orang lain. JODOH KAMU MANA!!” itu momen saya paling JLEB!! Dirumah. Setelah kata-kata Ayah semua hening sampai pagi.

Dan saya telah berada disuatu malam yang lain lagi, entah apa asal muasalnya. Saya ngajak wanita berdua itu Gadis dan Mery yang mungkin lagi main boneka barbie di Kosannya Mery. Buat makan karena saya lapar, tempat makan juga selalu menjadi masalah buat kita. Yak tepat sekali, “memilih rumah makan aja galau, apalagi memilih pasangan hidup” akhirnya diputuskan buat makan Ramen, di kedai ramen bikinan anak-anak kuliahan, awalnya gadis ngga mau karena udah beberapa hari kerjaannya makan ramen terus sampe mencret, lalu saya meminta Gadis buat milih maunya makan apa. Dan Gadis ngga tau! Oke ngga usah diulang lagi kata-kata yang tadi saya tebelin! Ngga usah di cek juga kata-kata yang saya tebelin tadi!

Malam itu entah kenapa tiba-tiba jadi ajang curhat, yang awalnya saya bertanya kepada mereka pernah ngerasa kesepian ngga? Mungkin semua orang tau tentang sindrom kesepian ini. Tapi saya rasa ngga ada yang salah jika ada 3 orang yang telah berumur diatas 20 tahun ngomongin masalah Jodoh dan menikah. Saya pengen ngerasain tingkat kerisaun mereka yang umurnya lebih tua 4 tahun dari saya, ditambah mereka itu peremuan. Mery ngga tau kenapa tiba-tiba mengeluarkan uneg-unegnya dengan kemarahan dan membuat saya menjadi takut, entahlah mungkin seperti itu gejolak emosi yang Mery punya, emosinya sangat sensitif saya pernah beberapa kali membuatnya menangis dengan mendramatisir suasana.

Saya pengen ngeliat temen-temen saya menikah, dapet undangannya lalu saya koleksi dan masukin blog, begitu yang mas Luthfi bilang bahkan sampai undangan sunatnya anak pak Joko disuruh simpan sama Mas Luthfi buat diceritain diblog! Dari situlah malam itu saya berubah menjadi motivator, pertama saya menasehati Gadis, yak!! Saya menasehati orang yang tua 4 tahun dari saya. saya memang hebat! (baca : Kurang Ajar).

Gadis, tau ngga sih? Kehidupan Gadis beberapa tahun belakangan ini? Pagi-pagi Gadis bersiap berangkat kekantor, bahkan sebelum kekantor mampir dulu di Bank atau Kantor pajak, bahkan Gadis udah sibuk duluan sebelum orang lain memulai pekerjaannya, atau bahkan kadang saya masih tidur saat Gadis sudah sampai dikantor! Itu yang selalu Gadis lakukan setiap hari dari Senin sampai Jumat.

Dan bagaimana dengan Sabtu dan Minggu? Yaah saya sempat bertanya. Gadis ngga bosen temenan atau ngumpul sama Saya, Defri, Mery dan yang lainnya? Lalu Gadis jawab, yaaa mau gimana lagi? Temen-temen Gadis udah pada nikah semua, lalu Mery nyamber. Iya Hanafi ngga tau rasanya, ngumpul sama temen yang udah nikah! BEDA TAU NGGA!! Sambil marah-marah, saya jadi ciut!

Saya fokus ke Gadis lagi? Jadi sekarang menurut Gadis, Jodoh itu dicari atau ditunggu? Pola Gadis begitu loh setiap hari. Lalu Gadis jawab “Nunggu!” yak semua orang punya prinsipnya masing-masing, semua orang bebas mengemukakan pendapatnya masing-masing, semua orang tau bagaimana cara memahami dirinya masing-masing, dan semua orang punya hak dengan pilihannya masing-masing! Saya bisa terima apa yang dikatakan Gadis, yang tidak saya terima saya masih belum tau. Jodoh itu dicari atau ditunggu!

Lalu Mery nyamber lagi, “lagian Hanafi, kita itu udah terjebak dalam kehidupan yang seperti ini” Mery mencoba mengkambing hitamkan situasi, saya tau Mery sudah seringkali mencoba menjalin hubungan dengan orang lain. Saya tau Mery sangat tau apa yang terbaik untuk dirinya. Tapi bagi saya pribadi, kita sedang tidak menjalani kehidupan yang salah. Terkadang memang kita merasa kita yang memilih jalan hidup ini, lalu dipenghujung jalan cobaan paling berat sebelum bertemu apa yang kita cari selama ini kita merasa menyesal telah memilih jalan ini. Pada akhirnya kita nanti akan mengerti. Ada zat yang maha tahu yang telah memilihkan jalan ini untuk kita jalani. Terdengar Bullshit memang, klise, klasik apapun orang menyebutnya tapi itulah yang tengah terjadi. Kita hanya sedang disuruh belajar, barangkali untuk lebih sabar lagi.

Rasanya seperti semua terasa tidak adil. Sebagai perumpamaan diluar sana, banyak sekali orang-orang yang begitu mudah hamil diluar nikah, ada yang bertanggung jawab, ada yang kabur, ada yang bunuh diri, ada yang bunuh janin yang masih didalam kandungan, bahkan ada yang setelah lahir langsung dibunuh. Disisi lain ada orang-orang dimana bertahun-tahun ingin punya satu anak saja, tapi bahkan ngga dikasih kesempatan buat momong anak. Sama halnya dengan jodoh, ada yang mereka sampai stress karena dorongan orang tua, atau mereka yang dibully teman-temannya karena masih saja lajang, disisi lainnya juga ada yang begitu mudah jalannya untuk menikah diusia yang kadang masih sangat muda. Atau banyak lagi yang lainnya, seakan tuhan ngga adil.

Lagi-lagi dalam situasi demikian kita kadang hanya sedang disuruh belajar, banyak sekali dimensi, banyak sekali sudut pandang, ditempat yang kita lihat sangat timpang sekalipun kadang disanalah tuhan menyelipkan keadilan, entah bagaimana cara kita menilai keadilan tersebut, hidup ini tinggal dijalani, semuanya sudah diatur, tinggal pribadi kita mau cuek atau belajar dan ingin tau. Barangkali sesekali kita harus coba untuk melihat dari sudut pandang orang lain. Klise memang, Bullshit memang, tapi pada kenyataannya kadang saya rasakan.

Disela bercerita, kadang saya menyelipkan sedikit humor agar mereka tertawa, untuk Mery dan Gadis. Malam itu mereka berdua bisa dapatkan tawa dari saya walau garing terkadang. Entahkah mereka tau atau tidak, dari mereka saya juga banyak dapat pelajaran berharga, bahkan kadang hanya makan ramen bertiga dan berbagi cerita seperti itu membuat saya kadang sedikit merubah pandangan sinis saya dan mencoba melihat dari sudut pandang yang lain. Saya banyak dapat pelajaran dari mereka berdua. Saya menulis ini sedang tidak menggurui siapa-siapa, tidak sedang memberi tahu siapa-siapa. Saya menulis hanya untuk mengingatkan diri saya, akan kebaikan orang ke saya, akan orang-orang yang memberi pelajaran-pelajaran baru dihidup saya. Ini untuk pembelajaran buat saya. Ditulisan ini saya tidak sedang menceramahi, atau menasehati siapapun. Saya hanya menulis pelajaran yang bisa saya ambil dari sebuah obrolan. Cukup fair kan? Mereka dapat tawa dan saya dapat ilmu. Tidak ada guru di sekolah yang mengajarkan hal semacam ini.

Dan sampai lagi disuatu malam yang lain, masih Saya, Mery dan Gadis. Makan jagung ditempat Ibu Kibro di Jembatan Siti Nurbaya. Karena seharian sudah kenyang dengan makanan yang ada dikantor, akhirnya kami memutuskan untuk makan jagung bakar saja di Siti Nurbaya. Tempat itu entah kenapa menjadi suatu tempat yang melangkolis banget, Mery pernah nangis disitu karena terharu atau mungkin bahagia, dan malam itu Gadis juga nyaris menangis. Saya lupa inti dari permasalahan apa yang membuat suasana jadi melangkolis dan Gadis mau nangis, yang jelas saya serasa ditampar Mery waktu itu.

Hal yang dapat saya ambil pelajarannya malam itu adalah tentang komitmen. Saya cerita tentang malam minggu sebelumnya, ketika Defri main futsal dan saya dengan yang lain berniat mau karokean saja malam minggu ini, akhirnya kami berempat yang jadinya pergi karaoke. Saya, Mery, Gadis dan Opi. Sampai ditempat Karaoke saya merasa ada dua pasang mata yang sedang memperhatikan saya, saya juga merasa saya kenal dengan dua orang itu, dua orang itu juga sedang berkumpul dengan teman-temannya, menunggu antrian Room yang mungkin sedang penuh.

Kebetulan ditempat itu saya punya teman kuliah yang bekerja disana, akhirnya dengan nepotisme sedikit kami ngga perlu antri. Terakhir saya tau, wanita berdua itu adalah kakak adek, dan adeknya itu adalah wanita yang saya suka, mungkin sedikit lucu. Saya suka dengan dia, dan malah kenapa saya ngga begitu kenal dengan dia. Awalnya saya yakin itu dia, dia yang ada tailalat dipipinya, karena keesokan harinya saya mencoba menghubungi kakak nya yang paling gede perempuan juga yang notabene temen kuliah Uni saya, dan saya lumayan deket dengan dia. Dan dia membenarkan malam minggu itu adiknya disana.

Kembali kewaktu yang lebih lama lagi, waktu dimana saya masih sekolah di STM, dan Uni masih kuliah di UNAND, saya disuruh uni mengantarkan sesuatu kerumah temennya itu. Cukup lama saya mencari alamatnya, tanya sana-sini akhirnya ketemu. Saya mengetuk pintu lalu ada yang membukakan pintu, rambutnya panjang agak ikal terurai saya masih ingat, rasanya sesaat semuanya berhenti. Angin yang tadinya ribut sesaat diam, lama sekali saya menatapnya.

Ngga ada yang salahkan dengan itu? Bahkan Ikal dalam cerita laskar pelangi bisa langsung jatuh cinta hanya karena melihat kuku-kuku A ling yang cantik.

Setelah bekerja ini, temen Uni saya yang tadi mengirimkan kesaya sebuah undangan untuk meng Invite akun adiknya di facebook, butuh waktu enam bulan untuk saya baru bisa menyapanya. Kadang laki-laki kehilangan jati diri jika suka kepada seorang wanita. Tapi akhir-akhir ini saya jadi begitu pesimis dengan semuanya, melihat sikap dia juga yang bisa dibilang jagak jarak sih, kadang hangat dibilang agak-agak menjauh ngga juga sih. Selama ini setiap saya mengirimkan pesan selalu dia bales. Walau dua tahun kemudian. (Ngga ding yang itu becanda).

Saya menceritakan itu ke Gadis dan Mery, dan lagi-lagi Mery dengan sedikit emosionalnya langsung berkomentar, “Kejar terus dong Han, kadang cewek itu nguji cowok. Nanti kalo kamu nyerah gini doang, pasti dia nganggap kamu ngga serius, HALAH SEGINI DOANG NIH COWOK” apa yang dibilang Mery bener banget, dia kan perempuan pasti sering ngerasa hal yang kayak begitu. Saya juga pernah cerita ke Defri masalah ini, Defri bilang “ Kejar terus Fi, kamu yakinkan diri kamu, dan yakinkan dirinya, saya pernah berada diposisi ini, dan saya biarin. Akhirnya saya menyesal” Defri pernah ngomong begitu.

Saya tau, dalam posisi itu, Mery pasti mengganggap saya sebagai adiknya. Memang sudah sepantasnya begitu, dari cerita yang begitu tadi. Akhirnya kembali keperkara jodoh. Karena mungkin sudah terlalu pusing dengan kerisauan saya. Akhirnya Mery membuat pernyataan tegas mungkin waktu itu sebagai seorang kakak ngomong ke saya. “emang Hanafi udah siap? Misalkan tahun ini ada yang suka sama Hanafi dan ada yang mau diajak Nikah. HANAFI SIAP NGGA?” PRAAAKKK saya berasa ditampar sama Mery, saya harusnya sudah mulai memanggil dia kakak.


Saya risau tentang jodoh, nikah dan segala macamnya. Namun ketika ditanya demikian saya hanya bisa diam. Saya malah balik mempertanyakan kediri saya sendiri. Apa saya benar-benar sudah siap dengan semua yang akan saya pertanggung jawabkan itu?. Saya masih belum bisa membayangkan diumur segini bakalan nikah. Bayangin aja, membayangkan saja saya masih belum bisa, apalagi menghadapi kenyataannya. Ternyata saya masih lemah, masih takut, masih belum bisa membuat sebuah komitmen. Saya ingat satu temen saya yang hebat, januari lalu menikah. Namanya Rendi dia berani membuat suatu langkah besar diumurnya yang masih seumuran saya. Dia membuat komitmen yang begitu besar dihidupnya. Dan dia punya jiwa yang besar dan keberanian atas tindakan dan langkah yang telah dia buat itu. Dia berani berkomitmen.

Mungkin saya tak perlu serisau itu, saya bisa mentertawakan diri saya sendiri dan teman-teman yang lain dengan tema “kapan nikah?” meskipun saya menjadi objeknya. Pendapat Gadis dan Mery tentang “Jodoh itu menunggu” mungkin benar, Allah mungkin tengah memberi kita waktu untuk memperbaiki diri sambil menunggu orang yang baik yang telah Allah janjikan. Diwaktu yang tepat pastinya. Jalan kita sudah ditentukan masing-masing, mereka yang duluan menikah barangkali saja sudah baik, dan kita belum. “Allah Maha Adil” bukan hanya sekedar ucapan, jika diresapi keadilan itu akan terasa, meski diantara temen-temen yang lain kita yang paling lambat ketemu jodoh.


Yah, meski sambil makan jagung bakar dipinggir jalan. Banyak hal yang bisa saya ambil dari teman-teman saya. Walau hanya obrolan yang ngga karuan. masih banyak kok hal-hal yang bisa kita pilah untuk dijadikan pembelajaran. Saya bersyukur bisa berada ditengah-tengah mereka. Hanafi cinta kalian semua dari hati.

Sumber Gambar

4 comments:

  1. beda 3 th nyoo jan sokk imutt lo laii

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang digosipin nongol

      iyaa iya, salah itung
      entah kenapa wanita selalu sensitif dengan masalah umur -___-

      Delete
  2. lama tidak berkunjung kemari, bagaimana kabarnya teman, sehat kan ?

    ReplyDelete
  3. berkunjung kemari smabil menyimak

    ReplyDelete