Friday 27 April 2012

Mimpi.. impian.. harapan.. bagian 2


Aku sangat mengharapkannya
Ini inspirasi dari masyarakat Pasaman Barat sendiri, setiap aku pulang ada saja yang berubah dari wajah kota muda ini, kota yang masih dibawah 10 tahun. Yang aku lihat, sangat besar minat masyarakat Pasaman Barat terhadap hiburan, aku tersadar ketika pulang awal januari kemaren, ketika HUT Pasaman barat. Ada sejenis festival atau acara apalah yang menyemarakkan hari ulang tahun kabupaten itu, dilaksanakan beberapa minggu, persis didepan kantor Bupati Pasaman Barat, aku memang tak pernah punya minat untuk datang keacara seperti itu, tapi sepertinya hal itu meriah, aku coba membujuk diri sendiri untuk pergi melihat-lihat, akhirnya imanku rontok dan datang ke bazar/pasar malam/festival/ apalah namanya, aku datang terlalu cepat, dan baru sedikit orang yang berdatangan, tetapi semakin lama semakin rame, aku heran, seperti ini kah antusiasme masyarakat tentang sebuah hiburan?, terbesit dalam otakku beberapa hal gila yang mungkin takkan pernah terjadi, tapi aku sangat berharap itu pastikan terjadi, Pasaman Barat kabupaten yang baru dengan hasil bumi yang lumayan kaya dengan ribuan hektar kebun sawit dan tanaman ladang serta kebun yang luas.

serta akses keluar masuk kabupaten yang lebih enak untuk saat ini, terbukti dibukanya lanud dilaban, yang dulu juga pernah menjadi lanud dan dihinggapi pesawat satu kali, dan sejak saat itu tak pernah lagi, dan beberapa bulan yang lalu, Lanud itu dibangun dan diresmikan lagi, beberapa pesawat kecil sudah mendarat, disana bahkan yang aku dengar, sudah dibuka beberapa  rute perjalanan, yakni dari Simpang IV – Padang PP, pada hari jum’at dan hari minggu, dengan ongkos relatif murah, 250-300 ribuan. Dan sepertinya hari ini sudah berjalan. Aku tak tahu,

Belum lagi saat ini sedang ada pembangunan Pelabuhan Internasional dikabupaten kampung halamanku ini, ini bakalan jadi kota transit barat sumatera, dan dari cerita yang aku dengar, pusat kota sumatera barat bakalan dipindahkan karena sudah tak aman jika dipadang, dan Pasaman barat menjadi salah satu kandidat kuat untuk menerima tanggung jawab itu, tapi entahlah, yang terakhir ini hanya isu rumor yang ngga jelas, aku tak tau persis kebenaran kabarnya.

Yah,, kotaku dalam tahap pembangunan.
Dari situ muncul sebuah ide yang meletup dikepalaku, ini tentang olahraga, sebuah benda bundar yang disukai masyarakat, dari yang paling tua sampai yang muda. Sepak bola.



PPL ; PASBAR PREMIER LEAGUE,

Ada antusias aneh dari hal itu aku lihat, aku sudah mengatakan hal ini pada kakakku paling tua, dia seorang pegawai disalah satu kecamatan diPasaman Barat, dia seorang PNS punya banyak link, banyak kenalan, mungkin saja dia bisa membuat ini sedikit berbeda, contohnya pengajuan proposal kepada Dinas Olahraga Pasaman Barat, untuk membentuk sebuah liga domestik antar kecamatan, dan satu kecamatan punya 1 tim atau lebih yang bisa bermain diliga itu, tetapi tetap membawa nama kecamatan, intinya hanya itu, membuat sebuah liga, lantas apa keuntungannya dengan liga tersebut?

Pertama aku ingin menyampaikan, kemajuan fisik memang sangat penting untuk pembangunan sebuah daerah apa lagi daerah yang baru lahir dan sedang berkembang, itu adalah hal mutlak yang memang sudah seharusnya terlaksana, memang terkadang masyarakat kurang merasa dengan adanya kemajuan fisik tersebut, hanya saja mungkin lapangan kerja bertambah jika kemajuan fisik ada, tapi tetap itu akan menjadi hal nomor satu, disamping hal lain, takkan terlihat maju suatu daerah jika tak ada pembangunan, mengapa aku mengaitkan ini dengan sepak bola? Ini masalah dana, selama ini dana selalu turun didinas pekerjaan umum, mungkin saja nominal paling mendominasi adalah miliknya, tapi itu tidak dipersalahkan karena, itu untuk pembangunan dan kemajuan Pasaman barat, lantas aku kembali bertanya, apa hanya untuk itu kita membayar pajak?

Kedua, alangkah lebih indah lagi jika pengembalian uang pajak dirasakan benar oleh masyarakat, bukan sudah jelas hukum demokrasi? Dari rakyat dan untuk rakyat, apasalahnya sedikit dari APBD itu untuk hiburan masyarakat santaero pasaman barat tanpa terkecuali, dengan membuat sebuah organisasi liga domestik kecil dengan skop kabupaten, mengapa aku mengatakan begitu? Siapa yang tak hobi bola? SD sampai SMA bahkan pengangguran, PNS, Pensiunan, petani, semua suka bola, ini akan menjadi hiburan tersendiri buat masyarakat pasaman barat,

“pai nonton semi final PPL ciek lu” apa tidak ada yang mau melontarkan kata-kata seperti itu?

Aku yakin ada? Sebuah hiburan! Yaa berilah kami masyarakat rendah ini sebuah hiburan, kenapa aku memberi alasan untuk sebuah hiburan? Karena masyarakat sangat antusias dengan yang namanya hiburan, bahkan hanya pantai tanpa ada acara apa-apa disana dikunjungi oleh orang sepasaman barat, hanya untuk hiburan hari raya. Masyarakat pasaman barat butuh hiburan

Ketiga, yaitu potensi, dewasa ini sepakbola semakin merasuk dalam kehidupan, bahkan anak SD pun sudah hafal nama-nama pemain bola nasional, juga internasional, semua ingin main bola, bintang idolanya terkadang menjadi inspirasi, semua suka bermain bola, dan dari sana nanti akan lahir bibit-bibit pemain hebat dunia, siapa yang tau?, mungkin saja suatu hari nanti seorang striker timnas bernomor punggung 7 itu orang pasaman barat. Jika liga itu ada, banyak akan terlihat pemain-pemain muda berbakat, atau mungkin saja suatu saat nanti akan ada PASBAR FC, yang bisa bersaing diliga tertinggi Indonesia bersama-sama dengan Semen Padang FC, akan ada derby sumatera barat, meski itu hanya mimpiku, tak tertutup kemungkinan itu akan terjadi, banyak klub-klub besar yang akan datang ke Pasaman barat mencari pemain muda berbakat, karena liga domestik pasaman barat tadi atau yang dalam hayalanku “PASBAR PREMIER LEAGUE”, bisa menjadi salah satu penyalur pemain bola berbakat, dan semua itu ada disetiap sudut kecamatan-kecamatan Pasaman Barat. Semakin majulah pembangunan dan olahraga Pasaman barat.

Keempat, Ada dana tersalur diDinas Olahraga, orang yang bekerja didinas olahraga bakalan merasa hebat jika ini terjadi, membuka lapangan pekerjaan baru, untuk pengurus organisasi liga, akan ada orang yang berprofesi menjadi pemain bola, dan akan ada yang berprofesi menjadi, pengurus tim, pelatih, dan sebagainya, lapangan bola akan rame dikunjungi, akan banyak yang datang berjualan berbagai macam makanan ringan, intinya, rezeki bakalan terus berputar ditempat itu.

Kelima, jika rasanya tak mungkin membuat sebuah pertandingan sepanjang tahun, aku punya opsi lain tentang hal ini, dengan membuat sebuah PEKAN OLAHRAGA, memperebutkan sebuah piala untuk juara umum, dan beasiswa untuk pelajar, serta hadiah lainnya, mempertandingkan banyak cabang olahraga, mulai dari badminton, Tenis, Tenis Meja, Renang, Volly, Takraw, dan sebagainya dan yang terpenting ialah opsiku yang kedua, yaitu “PASBAR CUP” turnamen sepak bola sekali setahun antar kecamatan yang sama-sama dilakukan setiap pekan olahraga diadakan, jika bisa, itu akan semakin semarak bila diadakan mendekati perayaan ulang tahun kabupaten, dan dihari H penyerahan berbagai penghargaan dan piala dilaksanakan,  untuk juara umum piala diserahkan oleh bapak Bupati sendiri, alangkah indahnya hal itu, dengan adanya pekan olah raga ini, akan mucul atlit-atlit muda berbakat dari segala cabang olahraga, bisa jadi untuk PON, sumatera barat diwakili oleh kandidat-kandidat dari pasaman barat, bahkan untuk sea games tak tertutup kemungkinan.



Keenam, tentang ekstrakurikuler disekolah, dari yang aku tahu, minimal dari sebelas kecamatan dipasaman barat, punya satu SMA Negeri  1 disetiap kecamatan, belum lagi SMK yang juga ada disetiap kecamatan, Madrasah Aliyah serta SMA Swasta, tak ada salahnya, kemampuan olahraga setiap masing-masing sekolah dipertemukan dalam satu wadah persepak bolaan, sekolah mana yang bakalan unggul, serta pemberian penghargaan untuk guru olahraga, karena dari yang aku lihat, sungguh monoton sekali pelajaran olahraga dan jasmani disekolah itu, bagaimana dengan inovasi baru, dengan memberi penghargaan kepada guru olahraga yang inspiratif, dan bisa membawa timnya menang dalam “ U-18 PASBAR LEAGUE” satu ekstrakurikuler favorit akan ada disetiap sekolah, dan para murid akan bersaing untuk menjadi “Best Eleven” yang akan diturunkan dalam turnamen tersebut, dan pasti akan ada yang menjadi bintang dipasaman barat, akan ada yang menjadi seleb pasamab barat, yang bakalan disebut setiap acara olahraga diradio, karena pasaman barat belum punya TV lokal, yah, selain nonton liga champion, liga inggris, liga spanyol dan liga itali, masyarakat pasaman barat juga bisa menikmati liga sendiri. Dengar itu, “LIGA SENDIRI”.

Pasaman barat akan dikenang sebagai kota atlit yang pernah ada, dihubungkan dengan pembangunan, Pasaman barat belum punya stadion, pasti akan ada nanti pengajuan pembuatan stadion berstandar nasional, dan tak ada salahnya bermimpi akan ada dipasaman barat sebuah sport center, dengan stadion internasional 90ribu bangku penonton, berusaha menyaingi gelora bung karno, itu akan terjadi bila kota ini, dijuluki kota atlit, akan banyak investasi dari dalam dan luar negri masuk melihat potensi pasaman barat, dan tak ada salahnya mencoba, mungkin mimpi ini terlalu tinggi, tapi aku sangat mengaharapkannya meski akan tercapai walau aku sudah mati nanti.

Itulah segelintir mimpi dan harapanku untuk pasaman barat kedepan, tak ada salahnya untuk mencobanya, walau dimulai dari hal yang kecil terlebih dahulu, karena takkan ada yang instan yang akan langsung punya nama besar, pasti berawal dari hal yang kecil dulu.
Semoga saja pasaman barat tetap jaya..

My dream
::PASBAR PREMIER LEAGUE::

::PASBAR CUP::

:: PEKAN OLAHRAGA PASAMAN BARAT::

:: U-18 PASBAR LEAGUE ::






1 comment:

  1. gan review tentang forum imago nanti link blognya dipasang di forum . baca disini ! http://imago.indonesianforum.net/t206-pengen-blognya-di-tampilin-di-halaman-utama-forum-ini

    ReplyDelete