Sunday 6 March 2011

Aku dan Hari Esok

Intinya tak pernah orang itu tersandung dibatu yang besar,
Pasti tersandung dibatu yang kecil, aku mikir hal ini sejak dua minggu yang lalu, persis setelah shalat jum’at setelah aku dengar dan perhatikan isi dari kutbah jum’at itu, tentang azab kubur dan neraka, siapa yang sangka, banyak hal kecil yang dianggap sepele oleh manusia yang membuat manusia itu kena azab kubur dan siksa api neraka, sebagai contoh yang katakan oleh khatib yang dari mesir itu tentang bersuci, nabi Muhammad SAW, pernah bersabda, aku lupa siapa perawi nya tapi hadits ini shahih, satu hari nabi Muhammad SAW melewati sebuah pemakaman, dan disana dia berhenti dan berkata kepada para sahabat, “orang yang berada didalam pemakaman ini sedang disiksa karena orang ini tidak pernah bersuci”

Zeeeeetttttt,, aku kayak kesetrum tegangan tinggi yang ada diPLTA maninjau, terpana, dag dig dug, huft betapa tidak? Bersuci itu rasanya hal kecilkan? Tapi tau ngga seberapa besar pengaruhnya buat hidup kita, kunci sorga itu adalah shalat, kunci shalat adalah wudhu, dan kunci wudhu adalah bersuci, nah, bersuci merupakan pokok dari jalan menuju surga, andaikan kita tidak bersuci dulu sebelum whudu, rentetan berikutnya bisa dikatakan tidak sah, dan akhirnya “hanya gara tidak bersuci” shalat kita tidak diterima oleh Allah Swt. Hal yang dianggap sepele oleh manusia punya pengaruh besar oleh manusia dialam dunia maupun akhirat, subhanallah.

Hal ini yang selalu membuatku berfikir, mulai saat hal ini aku harus memperhatikan hal-hal kecil yang ada dalam hidup aku, perumpamaan hal yang sama sekali tidak mungkin manusia itu tersandung dibatu yang gede, pasti tersandung itu dibatu yang kecil, kalo batu itu besar pasti terlihat dan bisa dihindari, bagaimana dengan batu kecil yang tak terlihat dan tersepelekan oleh kita, pasti tersandung dan terjatuh, bukankah jatuh itu sakit rasanya,

Ada beberapa pelajaran yang berharga yang aku dapat beberapa minggu ini,
1.Mulai lah lakukan hal-hal yang baik agar suatu saat dapat balasan yang baik
2.Bersucilah dengan sebenar-benar bersuci, toh ngga ada ruginya malahan sehat
3.Jangan pernah sepelekan sesuatu apapun, bahkan sekecil apapun itu, karena hal itu bakalan menjadi pengaruh besar dalam hidup aku,
4.Mengetahui beberapa hal itu membuatku sadar, untuk menjalani dan lebih banyak belajar lagi kedepannya. :)

Baik buruknya aku, aku yang menentukan, dan orag lain yang bakalan menilai,
Tampar saja aku bila aku salah,
Katakan apa saja kebiasaan burukku yang kamu tak pernah senang bila melihatku begitu,

No comments:

Post a Comment